Hindari Makanan dan Minuman Pemicu Penyakit Kanker Otak

Kanker otak atau gliblastoma merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya bagi manusia. Pada umumnya penyakit ini bersifat agresif dimana tumbuh dan menyebar secara cepat.

This image has an empty alt attribute; its file name is hindari-makanan-dan-minuman-pemicu-penyakit-kanker-otak.gif

Penyakit kanker otak terdiri dari dua jenis, yaitu kanker otak primer dan kanker otak sekunder. Jenis primer disebabkan karena alamiah dari otak itu sendiri, sedangkan pemicu sekunder bisa diakibatkan dari bagian tubuh lain sampai ke otak.

Baca Juga : Awas, Waspada Kanker dari Beragam Jenis Pekerjaan Kita!

Penyakit kanker juga bisa dipicu dari makanan dan minuman yang sering dikonsumsi. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bisa menghindari jenis makanan dan minuman tersebut agar tidak terserang penyakit ini.

Jenis Makanan dan Minuman Pemicu Kanker Otak

1. Makanan yang berjamur

Aflatoksin ialah metabolit dari beberapa jenis jamur, salah satu nya Aspergillus flavus. Jenis jamur ini biasa terdapat pada kacang, pohon kacang, dan biji-bijian.

Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi biji-bijian beresiko meningkatkan tumor otak tipe glioma. Jenis aflatoksin dapat menyebabkan kanker hati pada tikus, hewan primata, dan ikan.

2. Alkohol

Alkohol juga berdampak besar jika mengkonsumsi secara rutin, diantaranya dapat memicu kanker mulut, kanker laring, kanker faring, kanker esofagus, kanker payudara, kanker hati, termasuk kanker otak. Di samping itu, mengkonsumsi alkohol bersamaan dengan tembakau akan memberikan efek drastis pada tubuh manusia.

3. Daging dan Telur yang terkontaminasi Limbah

Zat Dioksin merupakan salah satu yang berhubungan langsung dengan kanker hati, kanker tiroid, kanker saluran cerna atas, kanker kulit, kanker paru, kanker otak dan limfoma non-Hodgkin’s. Dioksin sendiri berasal dari sumber makanan yang terkontaminasi oleh limbah medis, limbah kota, peleburan logam, dan manufaktur kimia.

Zat jenis ini larut dalam lemak, sehingga bisa ditemukan pada makanan yang mengandung lemak seperti daging dan produk peternakan lainnya seperti telur.

4. Ikan Asin atau Sayuran yang Terlalu Asin

Ikan asin mengandung senyawa N-nitrosodimethylamine dan komponen N-nitroso. Mengkonsumsi sayuran asin juga dipecaya akan meningkatkan risiko kanker otak tipe glioma dan meningioma.

Baca Juga : Perokok Aktif, Sayangi Paru-Paru Anda lewat Minuman Herbal!

5. Makanan yang Tercemar Udara

Makanan yang terkontaminasi dengan cuaca udara yang tercemar juga beresiko tinggi menyebabkan kanker otak. Asap rokok, asap kebakaran atau produksi asap pada industri merupakan contoh pencemaran makanan dari udara.

6. Air Keran

Pipa yang menghasilkan air keran bisa saja berpotensi karatan dan kotor jika lama tidak dibersihkan. Air keran juga mengandung bahan kimia beracun yang digunakan untuk membersihkan kontaminan biologis berbahaya. Maka tak heran jika hal tersebut bisa saja menjadi penyebab timbulnya masalah kanker.

7. Minuman Energi

Minuman energi ini lah yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Memang kita bisa merasakan kebugaran pada tubuh kala mengkomsumsi minuman jenis ini, namun apakah anda tidak terpikir akan efek dibalik minuman tersebut?

Gula, kafein, dan pewarna buatan yang terkandung dalam minuman energi bisa meningkatkan tekanan darah serta gula darah dalam tubuh. Itu lah sebabnya kanker mudah sekali menyerang sistem tubuh seseorang yang sudah terkontaminasi segala jenis zat jahat.

Penyakit kanker otak tidak akan pantang bulu menyerang seseorang. Maka dari itu sebaiknya kita bisa lebih memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum akhirnya menyesal.

Baca Juga : Berkaca dari Kasus Audrey, Dunia Harus Paham Dampak Bullying!