10 Orang Yang Menunjang Ilmu Pengetahuan Didunia

Beritaeksis – Fisika adalah ilmu pengetahuan tentang mengenai alam, yang mempelajari unsur-unsur dasar pembentuk alam semesta, gaya-gaya yang bekerja di dalamnya, dan akibat-akibatnya. juga mencakup rentang yang luas dari partikel sub atom pembentuk semua materi sampai kelakukan alam semesta sebagai suatu kesatuan kosmos.

Ilmu Pengetahuan

Ilmu fisika membantu manusia dalam Kemajuan teknologi. Teknologi sekarang tercipta berdasarkan penemuan dalam fisika atau improvisasi dari ilmu dasar fisika. Sebagai contoh benda yang merupakan terapan dari perkembangan ilmu fisika adalah Perkembangan rocket science, nuklir dan sebagainya .

Berikut 10 Orang Yang Menunjang Ilmu Pengetahuan Didunia

1.Albert Einstein

Albert Einstein lahir di Ulm, Kerajaan Württemberg, Kekaisaran Jerman pada tanggal 14 Maret 1879 . Albert Einstein seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20.

Ilmu Pengetahuan

Dia mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan kosmologi. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotolistrik dan pengabdiannya bagi Fisika Teoretis.

Ilmu Pengetahuan

Rumus Einstein yang paling terkenal adalah E=mc².
Ilmu Pengetahuan

Bahkan karena terlalu jenius setelah meninggal, ahli patologi dari Rumah Sakit Princeton, Thomas Stoltz Harvey, mengambil otak Einstein untuk pengawetan tanpa izin dari keluarganya. Ia berharap bahwa ilmu pengetahuan syaraf masa depan akan mampu menemukan apa yang membuat Einstein begitu cerdas.

2.Galileo Galilei

Galileo Galilei lahir di Pisa, Toscana, 15 Februari 1564. Ia adalah seorang astronom, filsuf, dan fisikawan Italia yang memiliki peran besar dalam revolusi ilmiah.

Ilmu Pengetahuan

Penemuannya dalam ilmu fisika adalah penyempurnaan teleskop, berbagai pengamatan astronomi, dan hukum gerak pertama dan dinamika. Selain itu, Galileo juga dikenal sebagai seorang pendukung Copernicus mengenai peredaran bumi adalah bulat mengelilingi matahari dan matahari sebagai sistem tatasurya.

Galileo menemukan tiga satelit alami Jupiter -Io, Europa, dan Callisto- pada 7 Januari 1610. Empat malam kemudian, ia menemukan Ganymede. Ia juga menemukan bahwa bulan-bulan tersebut muncul dan menghilang, gejala yang ia perkirakan berasal dari pergerakan benda-benda tersebut terhadap Jupiter, sehingga ia menyimpulkan bahwa keempat benda tersebut mengorbit planet.

Ilmu Pengetahuan

Galileo adalah salah satu orang Eropa pertama yang mengamati bintik matahari, diperkirakan Astronomi astronom Tionghoa sudah mengamatinya sejak lama.Selain itu, Galileo juga adalah orang pertama yang melaporkan adanya gunung dan lembah di bulan.

Galileo juga mengamati planet Neptunus pada 1612 namun ia tidak menyadarinya sebagai planet. Pada buku catatannya, Neptunus tercatat hanya sebagai sebuah bintang yang redup.

Akibat dari pandangannya itu ia dianggap merusak iman dan diajukan ke pengadilan gereja Italia tanggal 22 Juni 1633. Pemikirannya tentang bumi adalah bulat dan matahari sebagai pusat tata surya bertentangan dengan ajaran Aristoteles. Bukan hanya itu tapi keyakinan gereja bahwa bumi adalah datar dan pusat alam semesta juga menjadi rintangannya.

Ilmu Pengetahuan

Ia dihukum dengan pengucilan sampai meninggalnya. Pada tahun 1992 Paus Yohanes Paulus II menyatakan secara resmi bahwa keputusan penghukuman itu adalah salah. Dan pada 21 Desember 2008 Paus Benediktus XVI menyatakan bahwa Gereja Katolik Roma mengubah statusnya sebagai ilmuwan.

Galileo dianggap sebagai penyumbang ilmu pengetahuan terbesar bagi dunia sains modern. Ia juga sering disebut-sebut sebagai “bapak astronomi modern”, “bapak fisika modern”, dan “bapak sains”.

3.Sir Isaac Newton

Ilmu Pengetahuan

Sir Isaac Newton lahri pada tanggal 4 Januari 1642 Woolsthorpe – Colsterworth. Ia merupakan ahli fisika Inggeris terkenal yang menulis buku Philosophiae Naturalis Principia Mathematica yang diterbitkan pada 5 Julai 1687. Newton menjabarkan hukum gravitasi dan tiga hukum gerak yang mendominasi pandangan sains mengenai alam semesta selama tiga abad.

Ilmu Pengetahuan

Ini yang telah menjadi dasar dasar dari mekanika klasik.
Newton juga berhasil mengembangkan ilmu kalkulus diferensial dan kalkulus integral. Ia juga berhasil menjabarkan teori binomial, mengembangkan “metode Newton” untuk melakukan pendekatan terhadap nilai nol suatu fungsi. Ia juga berkontribusi terhadap kajian deret pangkat.

4.Socrates

Socrates lahir pada tahun 469 SM – 399 SM di Athena dan merupakan filsuf dari Athena, Yunani. Ia juga merupakan salah satu figur paling penting dalam tradisi filosofis Barat.

Ilmu Pengetahuan

Socrates menyumbangan ilmu pengetahuan yang terpenting bagi pemikiran Barat. ilmu pengetahuan itu adalah metode penyelidikannya, yang dikenal sebagai metode elenchos. Ilmu ini banyak diterapkan untuk menguji konsep moral yang pokok. Karena itu, Socrates dikenal sebagai bapak dan sumber etika atau filsafat moral, dan juga filsafat secara umum.

Kematian Socrates melalui peradilan dengan tuduhan merusak generasi muda. Sebuah tuduhan yang sebenarnya bisa dengan gampang dipatahkan melalui pembelaannya sebagaimana tertulis dalam Apologi karya Plato. Socrates pada akhirnya wafat pada usia tujuh puluh tahun dengan cara meminum racun sebagaimana keputusan yang diterimanya dari pengadilan dengan hasil voting 280 mendukung hukuman mati dan 220 menolaknya.

Ilmu Pengetahuan

Socrates sebenarnya dapat lari dari penjara, sebagaimana ditulis dalam Krito, dengan bantuan para sahabatnya namun dia menolak atas dasar kepatuhannya pada satu “kontrak” yang telah dia jalani dengan hukum di kota Athena. Keberaniannya dalam menghadapi maut digambarkan dengan indah dalam Phaedo karya Plato. Kematian Socrates dalam ketidakadilan peradilan menjadi salah satu peristiwa peradilan paling bersejarah dalam masyarakat Barat di samping peradilan Yesus Kristus.

5.Plato

Ilmu Pengetahuan

Plato lahir pada tahun 427 SM di Yunani. Ia merupakan penulis philosophical dialogues dan pendiri dari Akademi Platonik di Athena, sekolah tingkat tinggi pertama di dunia barat. Ia juga merupakan murid dari Socrates serta hasil pemikirannya banyak dipengaruhi oleh Socrates. Karyanya yang paling terkenal ialah Republik dalam bahasa Yunani Politeia yang berarti negeri.

Ilmu Pengetahuan

Hasil dari pemikirian Plato yang terpenting adalah pandangannya mengenai idea. Idea yang dimaksud oleh Plato bukanlah ide yang dimaksud oleh orang modern. Orang-orang modern berpendapat ide adalah gagasan atau tanggapan yang ada di dalam pemikiran saja.

Ilmu Pengetahuan

Menurut Plato idea tidak diciptakan oleh pemikiran manusia melainkan pikiran manusia yang tergantung pada idea. Idea adalah citra pokok dan perdana dari realitas, nonmaterial, abadi, dan tidak berubah. Idea sudah ada dan berdiri sendiri di luar pemikiran kita.

6.Archimedes

Archimedes lahir pada tahun 287 SM di Syracusa.Ia adalah ahli matematika dan penemu dari Yunani yang terkenal. Ia belajar di kota Alexandria, dan merupakan sahabat dari raja Sirakusa pada saat itu.

Ilmu Pengetahuan

Hukum Archimedes adalah sebagai berikut “Jika sebuah benda dicelupkan ke dalam zat cair, maka benda tersebut akan mendapat gaya yang disebut gaya apung (gaya ke atas) sebesar berat zat cair yang dipindahkannya”.

Hukum ini diciptakannya ketika Raja Hieron II meminta Archimedes untuk menyelidiki apakah mahkota emasnya dicampuri perak atau tidak. Archimedes memikirkan masalah ini dengan sungguh-sungguh. Hingga ia merasa sangat letih dan menceburkan dirinya dalam bak mandi umum penuh dengan air.

Ilmu Pengetahuan

Lalu, ia memperhatikan ada air yang tumpah ke lantai dan seketika itu pula ia menemukan jawabannya. Ia bangkit berdiri, dan berlari sepanjang jalan ke rumah dengan telanjang bulat. Setiba di rumah ia berteriak pada istrinya, “Eureka! Eureka!” yang artinya “sudah kutemukan! sudah kutemukan!” Lalu ia membuat hukum Archimedes. Dengan itu ia membuktikan bahwa mahkota raja dicampuri dengan perak. Tukang yang membuatnya dihukum mati.

Ilmu Pengetahuan

Penemuan yang lain adalah tentang prinsip matematis tuas, sistem katrol yang didemonstrasikannya dengan menarik sebuah kapal sendirian saja. Ulir penak, yaitu rancangan model planetarium yang dapat menunjukkan gerak matahari, bulan, planet-planet, dan kemungkinan rasi bintang di langit. Archimedes adalah orang yang mendasarkan penemuannya dengan eksperimen sehingga ia dijuluki Bapak IPA Eksperimental.

7.Blaise Pascal

Blaise Pascal lahir di Clermont-Ferrand, Perancis, 19 Juni 1623. Minat utamanya ialah filsafat dan agama, sedangkan hobinya yang lain adalah matematika dan geometri proyektif. Ia telah berhasil menciptakan mesin penghitung yang dikenal pertama kali.Bersama dengan Pierre de Fermat menemukan teori tentang probabilitas.

Ilmu Pengetahuan

Temuan pertamanya dimulai dari usia 12 tahun yaitu sebuah mesin penghitung untuk membantu pekerjaan ayahnya yang merupakan penarik pajak. Karya-karyanya terus bertambah mulai dari merancang bangunan segienam (hexagram), menemukan prinsip kerja barometer, sistem kerja arloji, hingga ikut terlibat dalam pembuatan sistem transportasi bawah tanah kota Paris.

Ilmu Pengetahuan

Ia juga terkenal dengan hukumnya yaitu Hukum Pascal yang berbunyi ” tekanan yang dikenakan pada zat cair di dalam sebuah ruang tertutup akan diteruskan ke semua arah dengan sama besar dan sama rata “.

8.Aristoteles

Aristoteles lahir pada tahun 384 SM di Stagira, kota di wilayah Chalcidice, Thracia, Yunani. Ia adalah murid dari Plato dan guru dari Alexander yang Agung sekaligus seorang filsuf Yunani. Ia menulis tentang berbagai subyek yang berbeda, termasuk fisika, metafisika, puisi, logika, retorika, politik, pemerintahan, etnis, biologi dan zoologi.

Ilmu Pengetahuan

Bersama dengan Socrates dan Plato, ia dianggap menjadi seorang di antara tiga orang filsuf yang paling berpengaruh di pemikiran Barat.
Walau pun bukan seorang penemu ia adalah seorang berhasil mencetuskan pemikiran – pemikiran yang sangat berpengaruh pada pemikiran Barat dan pemikiran keagamaan.
Ilmu Pengetahuan

Salah satu pemikiran Aristoteles yang bisa dikatakan sebagai yang paling penting adalah penyelidikannya tentang Teori Logika. Aristoteles tidak hanya menjadi salah satu ahli filsafat terbesar sepanjang zaman, iapun dikenal sebagai bapak peradaban barat, bapak ensiklopedi, dan guru-nya para ilmuan. Teori Logika yang ia kemukakan mengenai cara berfikir yang baik, benar, dan sehat membuat namanya masuk dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan yang berkembang hingga hari ini.

9.Charles Robert Darwin

Charles Robert Darwin lahir 12 Februari 1809 di Shrewsbury, Shropshire, Inggris. Ia adalah seorang naturalis dan ahli geologi Inggris, paling dikenal untuk kontribusinya kepada teori evolusi.
Ilmu Pengetahuan

Dia menetapkan bahwa semua spesies dari kehidupan telah diturunkan dari waktu ke waktu dari nenek moyang. Dalam publikasi bersama dengan Alfred Russel Wallace memperkenalkan teori ilmiah bahwa pola percabangan evolusi dihasilkan dari sebuah proses yang dia sebut seleksi alam. perjuangan untuk eksistensi memiliki efek yang sama dengan seleksi buatan yang terlibat dalam pemuliaan selektif.

Ilmu Pengetahuan

Darwin menjadi terkenal secara internasional, telah digambarkan sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah manusia. keunggulannya sebagai ilmuwan dihormati dengan pemakaman di Westminster Abbey.

Walaupun Darwin tidak membahas evolusi manusia secara terang-terangan, bukunya mendapat tantangan keras. tantangan itu datang baik dari kaum ilmiah, maupun masyarakat, terutama pihak gereja. Di periode yang sulit ini, Darwin didampingi oleh salah satu kawan setianya, Thomas Huxley, yang dijuluki “Darwin Bulldog”.

Ilmu Pengetahuan

Secara jitu dan tajam, Huxley membela Darwin teori dari serangan-serangan. Salah satu episode yang terkenal ialah debat antara Huxley dengan Bishop Samuel Wilberforce.

10.Nicolaus Copernicus

Nicolaus Copernicus lahir di Toru?, 19 Februari 1473. Ia adalah seorang astronom, matematikawan, dan ekonom berkebangsaan Polandia. Ia berhasil mengembangkan teori heliosentrisme (berpusat di matahari) Tata Surya dalam bentuk yang terperinci, sehingga teori tersebut bermanfaat bagi ilmu pengetahuan tentang sains.

Ilmu Pengetahuan

Teorinya tentang Matahari sebagai pusat Tata Surya, yang menjungkirbalikkan teori geosentris tradisional yang menempatkan Bumi di pusat alam semesta. Ia dianggap sebagai salah satu penemuan yang terpenting sepanjang masa.

Ilmu Pengetahuan

Ia juga merupakan titik mula fundamental bagi ilmu pengetahuan astronomi modern dan sains modern (teori ini menimbulkan revolusi ilmiah).Nicolaus Copernicus dicemoh oleh beberapa Teolog sebagai “Si dungu itu akan mengacaukan seluruh ilmu astronomi”.