Jiwa Pemimpin Yang Bego dan Tak Berkompeten

Adakalanya orang yang tidak berkompeten dan berlaga Pintar yang duduk di kursi pimpinan.  ini biasanya terjadi karena beberapa sebab. Salah satunya adalah proses perekrutan yang tidak melewati Fit & Proper Test atau uji kelayakan sebagaimana harusnya.  Baik buruknya masyarakat ditentukan oleh para pemimpinnya.

Jika pemimpinnya baik, maka masyarakat pun akan menjadi baik. Namun, bila pemimpinnya rusak, maka masyarakat pun akan rusak. Rasulullah s.a.w. sudah mewartakan, bahwa diantara tanda-tanda Kiamat adalah diserahkannya tampuk kepemimpinan kepada orang-orang bodoh, yang tidak mau mengambil petunjuk dari al-Qur’an dan Sunnah, serta tidak mau menerima nasihat.

Yang dimaksud dengan orang-orang bodoh disini adalah orang yang kemampuan berpikirnya lemah, dan tak bisa memimpin. Jangankan mengatur orang lain, mengatur dirinya sendiri saja ia tak bisa. CIRI CIRI PEMIMPIN YANG MENJENGKELKAN (Tidak di sukai oleh anak. Buah)

Taukah anda, saat memiliki pimpinan entah di perusahaan, perkantoran (birokrasi), instansi, dunia konsultan, atau di lembaga lembaga manapun, yang memiliki ciri ciri pimpinan sontoloyo (menjengkelkan) ini, selalu membuat hati anak buah sedih, marah, benci, muak atau menjengkelkan.

Gaya maupun karakter seseorang memang tidak ada yang sama, dan juga tidak ada yang ideal buat kita dengan mereka, namun secara umum jika kita mempunyai atasan dengan sifat atau karakter di bawah ini, akan membuat diri kita (sebagai anak buah) akan geregetan dan menumbubkan selalu rasa ingin marah atau memberontak…

Jadi sekali lagi tipe atasan yang seharusnya di hormati, di segani, atau di sayangi, namun karena sifat, watak atau attitude yang di miliki sang atasan buruk akan membuat hati semakin jengkel dengannya.

Harus di garis bawahi tentang atasan yang tidak di sukai oleh bawahan ini bukan hanya di benci oleh bawahan tapi juga akan membawa dampak buruk secara internal organisasi, maupun internal output dan outcame yang rendah dalam pencapaian.

Selain itu pula dampaknya akan memperburuk hubungan bhatiniah antar pimpinan dan bawahan, serta lingkungannya.

Akibat hal ini semua, akan membuat lemahnya koordinasi, lemahnya impact yang di capai, lemahnya kesepakatan bersama dalam mencapai sebuah visi dan misi yang ada.

Untuk itu perlulah di ketahui ciri ciri pimpinan yang buruk, pimpinan yang menjengkelkan hati ini, agar kita semua (entah sebagai atasan maupun bawahan) bisa mengambil hikmah atas kejadian yang telah terjadi…

 

Ciri ciri pimpimam yang menjengkelkan tersebut diantaranya ?

1. Sombong, angkuh merasa dirinya lebih tinggi dari yang lain,, atasan yang sombong suka menghina, mencerca, serta tidak mau mendapat masukan masukan dari bawahannya, ia seolah memiliki kasta yang berbeda, sehingga anak buah akan muak melihat perilaku yang di punyainya.

Tidak ada kata yang teduh, tidak ada sikap yang mengalah, yang ada “aku” harus kamu hormati, aku harus selalu menang, harus selalu diatas untuk di sanjung, aku wajib kau takuti dan “kau” (bawahanku), harus selalu menghamba padaku, jika ingin selamat, maka akulah penentunya…

Atasan sombong memang menjengkelkan, karena selain sikapnya yang arogan, juga ucapan ucapannya yang tinggi dan sok hebat, sok memerintah dan tidak pernah memiliki rasa bersalah..semuanya seolah benar dan yang salah/keliru adalah anak buahnya….

Saat marah, ucapan dan kata katanya yang menyakitkan, karena menghina, melecehkan dan menyakiti perasaan.

2. Masih Terkait dengan ciri diatas yaitu Atasan yang anti kritik, anti masukan, Atasan yang benci saran bahkan yang menyarankan akan di tanda dan di musuhi.

Atasan yang memiliki watak ini, akan menutup diri terhadap masukan masukan untuk intropeksi, sehingga membuatnya hanya ingin benar melulu, yang salah selalu di kambing hitamkan anak buah.

3. Kemampuan atasan tidak ada (skill dan knowladge minim), bisanya memberi perintah atau menyampaikan tugas tugas doang pada bawahannya…

Sementara pendelegasiaan tugas, sifatnya adalah perintah atasan kepada bawahan, bukan ambil alih kewenangan,..dan jika sudah selesai di kerjakan oleh bawahannya dialah yang mengaku mengerjakannya….