WAJIB BACA – Kandungan Yang Terdapat Dalam Alpukat Dan Manfaatnya

WAJIB BACA – Alpukat merupakan buah yang cukup banyak di gemari orang – orang. Buah berwarna hijau ini berasal dari dataran rendah/tinggi Amerika Tengah. Belanda membawa alpukat masuk ke Indonesia diperkirakan sekitar abad ke 18.

Secara resmi antara tahun 1920-1930 Indonesia telah mengintroduksi 20 varietas alpukat dari Amerika Tengah & Amerika Serikat. Hal ini dilakuakan untuk memperoleh varietas-varietas unggul guna meningkatkan kesehatan & gizi masyarakat,

WAJIB BACA - Dalam Alpukat

Ada beberapa pendapat yang mengatakan jika makan alpukat itu buruk karena banyak mengandung lemak, namun sebenarnya kenyataanya tidak demikian. Menurut The Hass Avocado Board ( HAB ) alpukat memang mengandung lemak. Akan tetapi lemak yang terkandung dalam alpukat merupakan lemak baik ( lemak tak jenuh tunggal ) yang membantu kesehatan jantung kita.

Bukan hanya itu kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga dapat membantu menjaga tekanan darah dan juga dapat membantu untuk membalikkan resistensi insulin yang dapat mengarah pada diabetes tipe 2.

WAJIB BACA – Kandungan Vitamin dan Mineral Dalam Alpukat

WAJIB BACA - Dalam Alpukat

Lemak sehat
Porsi lemak baik dalam alpukat mencapai sekitar tiga perempat dari jumlah kalori dari buah alpukat. Fungsi lemak baik seperti yang sudah kita jelaskan diatas.

Protein
Setiap alpukat terdiri dari sekitar 4 gram protein, kandungan ini lebih banyak jika dibandingan dengan buah buahan lainnya.

Gula
Gula dalam buah ini nilainya cukup kecil, sebelah buah alpukat terdiri dari 0.2 g gula, jadi tidak terlalu berbahaya untuk anda yang khawatir akan gula darah.

Vitamin dan Mineral
Alpukat Mengandung beberapa vitamin yaitu vitamin K, vitamin B9, vitamin B6, vitamin B5 vitamin C, dan vitamin E.2

Serat
Buah yang berukuran sedang mengandung 11 gram serat, hampir setengah dari serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan vitamanin dan Mineral yang sebanyak itu tetentu saja alpukat memiliki banyak fungsi untuk kesehatan. Berikut fungsi dari buah alpukat.

WAJIB BACA – Fungsi Dari Buah Alpukat

1.Menjaga Kecantikan Kulit.

Alpukat juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda lain dari penuaan dini. Kandungan karotenoid antioksidan, vitamin E yang membantu menjaga terhadap penuaan dari paparan sinar matahari serta vitamin C yang terlibat dalam penciptaan elastin dan kolagen untuk menjaga elastisitas kulit agar tetap kencang.

2.Menjaga Kesehatan Mata.

Alpukat adalah sumber lutein karotenoid, yang dikenal untuk membantu melindungi kesehatan mata yang disebabkan oleh bertambahnya usia seperti degenerasi makula dan katarak.

3.Untuk Ibu hamil

Alpukat kaya akan folat, vitamin B merupakan salah satu vitamin yang dikenalsebagai asam folat. Satu buah alpukat dapat memenuhi sekitar 23% dari nilai harian yang direkomendasikan. Tingginya jumlah folat dalam alpukat sangat penting dalam pencegahan cacat lahir, seperti cacat tabung saraf dan spina bifida.

4.Mencegah Penyakit Datang.

Alpukat juga memiliki anti oksidan yang berfungsi dalam tubuh kita adalah untuk membuang radikal bebas yang mungkin dapat menyebabkan penyakit tertentu. Buah ini merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh dalam mengeluarkan racun melalui keringat atau air seni kita.

5.Membantu Mengontrol Tekanan Darah.

Alpukat memiliki kalium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh .

6.Mengobati Penyakit Radang Sendi dan Otot.

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, pitosterol dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C dan berbagai zat karotenoid yang dapat membantu dengan mengurangi peradangan Sendi dan Otot.

WAJIB BACA - Dalam Alpukat

7.Membantu menurunkan Berat Badan.

Penelitian telah membuktikan bahwa asam lemak tak jenuh tunggal sangat baik digunakan sebagai pembakaran energi dan tidak disimpan sebagai lemak dalam tubuh.

8.Menjaga Kolesterol.
Alpukat merupakan sumber asam oleat tak jenuh tunggal yang telah teruji dalam sejumlah penelitian dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam darah.
9. Mengurangi Resiko Stroke.

Kandungan asam folat dalam alpukat dapat melindungi dan mencegah penyakit stroke. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi asupan kaya folat memiliki resiko yang lebih rendah terserang stroke.

10.Mencegah Kanker.

Alpukat mengandung banyak fitokimia yang telah dilakukan penelitian dapat membantu mencegah perkembangan kanker tertentu.

banyaknya buah ini sering tidak di sadari oleh orang – orang , semoga dengan artikel ini dapat menumbuhkan kesadaran kita mengenai pentingnya buah ini.