Napoli Kembali ke Peringkat 5 Setelah Mengalahkan Roma

BERITA EKSIS – Napoli berhasil menundukkan AS Roma dengan skor 2 – 1 pada giornata ke-30 Serie A Italia, Senin 6 Juli. Hasil laga pertandingan ini membuat Napoli memiliki poin yang serupa dengan AS Roma di klasemen sementara saat ini.

Kiper Roma, Pau Lopez harus bekerja keras sejak awal laga pertandingan di Stadion San Paolo, Napoli. Dia sempat menggagalkan upaya dari Fabian Ruiz dan meninggalkan gawang untuk bisa menghentikan pergerakan Piotr Zielinski.

Roma berusaha membalikkan kedudukan lewat pergerakan bek sayap Lorenzo Pellegrini. Tetapi tendangannya berhasil dihalau oleh bek tengah Napoli Konstantinos Manolas sehingga hanya bisa membuahkan tendangan sudut.

Roma harus kehilangan Chris Smalling yang mengalami cedera otot pangkal paha pada menit ke-30. Diapun digantikan oleh Federico Fazio pada menit ke-30.

Tuan rumah hampir saja unggul ketika sundulan Arkadiusz Milik membentur mistar gawang dan Jose Callejon yang menanduk bola lepas itu malah mengirimkan bola melambung menjauh dari sasaran.

Napoli baru bisa memecahkan kebuntuan pada awal babak kedua. Golnya dicetak oleh Callejon pada menit ke-55 setelah menyambut umpan silang Mario Rui.

Sayangnya, keunggulan itu hanya mampu bertahan lima menit karena gelandang serang Roma Henrikh Mkhtaryan mampu membalasnya setelah mencetak gol dengan bantuan assist dari Edin Dzeko.

Edin Dzeko memulai serangan balik, yang kemudian bola disambut oleh Mkhitaryan. Dengan bergerak memotong dan melakukan sepakan kaki kanan yang tertuju ke sudut gawang Napoli.

Lorenzi Insigne mengunci kemenangan Napoli pada menit ke-82. Golnya tercipta dari sepakan kaki kanan dan bola melengkung yang tidak mampu diantisipasi kiper Lopez.

Roma sudah berusaha kuat untuk mengejar ketertinggalan dalam waktu yang semakin menipis. Akan tetapi, gol tambahan tidak kunjung tercipta hingga saat laga berakhir. Skor 2 – 1 untuk keunggulan tuan rumah pun tidak berubah.

Tambahan tiga poin membawa Partenopei kembali ke urutan kelima klasemen sementara dengan koleksi sebanyak 48 poin. Roma harus terima kembali berada di bawah Partenopei karena hanya kalah poin head to head.