Southampton Menang atas Manchester City

BERITA EKSIS – Ralph Hasenhuettl, manajer Southampton menyebutkan bahwa komitmen saat bertanding menjadi kunci keberhasilan timnya saat berhasil menumbangkan Manchester City. Menurut beliau, para pemain Southampton memang diinstruksikan untuk bermain dengan sabar.

Southampton sukses mengalahkan City dengan skor 1 – 0 pada laga lanjutan Liga Premier, pada Minggu 5 Juli malam. Gol tunggal mereka diciptakan oleh Che Adams dengan dibantu assist dari Stuart Armstrong pada menit ke-16.

Pertandingan berjalan dengan kondisi berat sebelah di Stadion St. Mary dengan dominasi dari tim tamu, baik dari segi penguasaan bola (74%) hingga jumlah peluang. Namun, The Saints mampu menunjukkan penampilan yang lebih efektif dengan memanfaatkan peluang yang ada seminim mungkin.

“Segalanya menjadi hal yang mungkin ketika anda berkomitmen dan sabar menanti momen yang tepat itu datang. Saya turut bersukacita atas performa yang ditampilkan Che karena dia memang selalu bekerja keras dan juga pada laga-laga sebelumnya,” kata Hasenhuettl.

Gol Adams terlahir dari kemampuannya melihat lalainya kiper Ederson Moraes yang sedang berdiri jauh dari gawangnya. Dia pun langsung melesatkan tembakan jarak jauh yang sangat akurat.

Southampton Mengalahkan Manchester City

Walaupun adanya kelalaian dari Ederson, Hasenhuettl menilai bahwa gol tersebut tidak mengurangi kemampuan Adams dalam melihat kesempatan. Menurutnya, gol tersebut tetap luar biasa dan tidak mudah untuk tercipta.

“Semua orang merayakan golnya itu dan saya sewaktu itu tidak terpikir adanya momen yang lebih tepat untuk mencetak sebuah gol debutnya itu. Orang-orang boleh berbicara tentang kiper yang berdiri cukup jauh dari gawang, tetapi memanfaatkan kesempatan seperti itu tidaklah mudah. Itu gol yang luar biasa,” ucap Hasenhuettl.

Terhubung dengan laga yang berat sebelah, Hasenhuettl tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pemainnya yang sudah gigih dalam mempertahankan keunggulan di tengah derasnya serangan City. Sesuai rekor data, terdapat 26 tembakan yang 6 di antaranya mengarah ke gawang.

“Melawan mereka (City), Anda harus siap berlari lebih sering, bertarung lebih gigih. Tapi, Anda juga mesti lebih berani mengambil kesempatan untuk menciptakan masalah bagi mereka,” kata Hasenhuettl.

“Sepertinya kami memiliki beberapa peluang untuk bisa mencetak gol kedua. Namun pada akhirnya, hal itu semua hanya sebuah bagian dari perjuangan tim ini yang mengagumkan dan kami sangat berbahagia sekali atas penampilan kita itu,” tambahnya menutup.

Hasil pertandingan tetap membuat Manchester City berada di urutan kedua klasemen dengan koleksi total 66 poin. Sementara itu, Southampton berhasil naik posisi ke-13 dengan total 43 poin.