WAJIB BACA – CARA MENGGUNAKAN POWERBANK YANG BENAR

WAJIB BACA – Saat ini keberadaan powerbank sudah menjadi solusi dan kebutuhan yang tak terpisahkan dengan smartphone. Tapi apakah Anda mengetahui cara menggunakan powerbank yang baik dan benar?

 

WAJIB BACA

 

WAJIB BACA – PENGGUNAAN POWERBANK

 

Pada penggunaan smartphone sehari-hari kita terkadang tak lepas dari powerbank, terutama pada saat kita diluar rumah dan baterai kita habis. Namun kita perlu mengetahui bagaimana tata cara pengisian daya baterai smartphone kita.

Pada saat mengisi daya baterai kita, memang sebaiknya dilakukan pada saat keadaan mati atau tidak menyala. Karena jika dilakukan terus menerus pada saat menyala dapat menyebabkan kerusakan pada material pada baterai. Usahakan jangan mengisi terus pada saat penuh, jangan tinggalkan smartphone anda terus terisi pada saat kapasitas baterai sudah penuh.

Pengisian baterai sebaiknya hanya sampai kapasitas 80 – 85 persen saja. Karena jika di misalkan baterai sebagai sebuah ember yang di isi air, maka tidak boleh diisi penuh melebihi kapasitasnya. Jika kita isi terlalu penuh maka air akan luber, dan jika pada baterai jika diisi terlalu penuh maka dapat menyebabkan kerusakan pada sel sel baterai.

Kerusakan pada sel baterai inilah yang sebaiknya dihindari, karena sel baterai yang rusak dapat menyebabkan lebih singkatnya waktu penggunaan baterai (baterai drop) sampai kepada meledak dan terbakarnya baterai smartphone anda.

 

WAJIB BACA

 

Jangan biarkan baterai sampai kosong sama sekali, atau bahkan sampai mati, jika memang tidak terpaksa. Saat kapasitas baterai mencapai 20 persen, anda sudah bisa mengisi daya baterai smartphone anda.

Powerbank yang beredar saat umumnya mulai menambah fitur atau teknologi terbaru, agar bisa mengikuti kebutuhan baterai smartphone yang beredar. Powerbank tersebut bisa membaca kebutuhan arus dan menjaga aliran masuk daya yang stabil pada baterai dan dapat mendeteksi jika daya baterai sudah penuh, sehingga tidak terjadi kelebihan isi daya pada baterai.

Bahkan powerbank yang ada sudah mulai menambahkan fitur fast charging bagi smartphone yang sudah memiliki fitur fast charging tersebut.  Sehingga waktu pengisian daya baterai smartphone anda jadi lebih singkat.

 

Mari dicoba tips diatas dan dijaga keawetan baterai smartphone anda, maka dijamin anda tidak perlu ganti baterai setiap tahunnya. Ciao~