WAJIB BACA – Cara Mencegah Maag Kambuh Saat Menunaikan Puasa

WAJIB BACA РMaag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.

Penyebabnya bisa karena penderita makan secara tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu,atau sebab-sebab lainnya seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur atau stress.

Maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian sewaktu makan si penderita maag makan dengan porsi yang terlalu banyak. Bagi penderita maag yang sudah parah, penyakit maag tersebut sangat berbahaya sekali dan dapat menyebabkan kematian.

Dalam menjalani bulan puasa seperti sekarang ini tentu saja menjadi sebuah tantangan besar bagi anda yang memiliki penyakit ini. Anda harus dapat memikirkan cara agar maag tidak kambuh saat berpuasa. Namun bagaimana kah caranya… ??? nah bagi penunai ibadah puasa WAJIB BACA¬†

Berikut Berita Eksis akan menjelaskan tentang cara mencegah maag kambuh saat berpuasa, Mari kita simak berita berikut ini .

WAJIB BACA  Р Cara Mencegah Maag Kambuh Saat Menunaikan Puasa

Jangan Lewatkan Sahur

Perut yang kosong dapat meningkatkan risiko mengalami maag saat puasa. Alasanya asam lambung Anda dapat mengiritasi dinding lambung dan mengakibatkan rasa perih.
Hal ini dapat meningkatkan risiko maag kambuh saat puasa. Biasanya penyakit ini akan kambuh di masa Рmasa menjalani puasa terutama saat siang hari pada pukul 10 pagi hingga pukul 12 siang. Oleh karena itu selalu usahakan untuk selalu bersahur.

WAJIB BACA

Konsumsilah makanan yang kaya serat saat sahur

Sebaiknya saat melakukan sahur makalah makanan yang penuh serat seperti sayuran atau buah Рbuahan. Makanan yang kaya akan serat biasanya mengandung karbohidrat kompleks.
Karbohidrat jenis ini membutuhkan waktu yang lambat untuk diserap ke dalam sistem tubuh. Makanan kaya serat ini dapat memperlambat pengosongan lambung.

 Menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu maag

Penyakit ini dipercaya memiliki beberapa jenis minuman dan makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi. Contoh dari makan dan minuman tersebut adalah :

  1. Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu.
  2. Makanan yang sangat asam atau pedas seperti cuka, cabai, dan merica (makanan yang merangsang perut dan dapat merusak dinding lambung).
  3. Makanan yang sulit dicerna dan dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tar, coklat, dan keju.
  4. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.
  5. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan juga yang terlalu banyak serat. Contoh dari makan tersebut antara lain Sayur-sayuran tertentu seperti sawi dan kol, buahbuahan tertentu seperti nangka dan Minuman yang mengandung banyak gas seperti minuman bersoda.

WAJIB BACA

Berbukalah Dengan Teratur Dan Tidak berlebihan

Seperti yang kita jelaskan diatas tadi Penyebab maag bisa karena penderita makan secara tidak teratur. Oleh karena itu selalu berbukalah dengan teratur agar tubuh dapat menyesuaikan dengan kondisi tubuh anda saat berpuasa.
Usahakan untuk tidak kekenyangan, kebanyakan dari penunai ibadah puas makan dengan jumlah yang berlebihan saat buka puasa. Terlalu banyak makan juga merupakan hal yang tidak baik untuk kesehatan lambung.

Sekian informasi kita mengenai Cara Mencegah Maag Kambuh Saat Menunaikan Puasa Semoga bermanfaat bagi anda

BERITA EKSIS